/*NoScript*/
#site-xp {z-index: 999;position:fixed;top:0;left:0;width:100%;height:100%;background-color:#000;margin:0;padding:0;}
#site-xp p {margin:0;padding:0;width:100%;color:#333;position:relative;top:40%;font:bold 18px/20px arial;text-align:center;text-shadow:none;}

Pantangan Makanan Untuk Penyakit Diabetes Basah

Pantangan Makanan Untuk Penyakit Diabetes Basah Yang Harus Di Hindari

Penyakit diabetes merupakan penyakit yang mematikan, diabetes merupakan salah satu masalah kesehatan yang dapat dialami oleh siapapun. Diabetes dikenal dengan sebutan penyakit kencing manis karena seorang penderita diabetes akan memiliki kandungan gula yang tinggi dalam darah serta air kencing. Penderita penyakit diabetes tentunya harus memperhatikan mengenai pola makannya. Gunanya untuk membantu mempercepat proses penyembuhan. Dan disini kami akan memberikan informasi mengenai Pantangan Makanan Untuk Penyakit Diabetes Basah yang harus di hindari. Namun sebelumnya, alangkah lebih baik jika anda mengetahui terlebih dahulu mengenai penyakit diabetes.

Sekilas mengenai penyakit


Masalah kesehatan ini merupakan sebuah bentuk gangguan metaboli dimana produksi hormon insulin mengalami penurunan serta terjadi pula penurunan transporter glukosa yang memicu naiknya kandungan gula dalam darah. Gejala hiperglikemia dalam jangka panjang serta gangguan pengolahan karbohidrat menjadi penanda paling lazim untuk mendeteksi diabetes. Kemunculan luka yang tidak kunjung sembuh juga merupakan ciri yang dapat dijadikan penanda adanya diabetes. Mengetahui ciri ciri luka diabetes dapat menjadi sebuah pengetahuan penting bagi siapapun untuk mendeteksi diabetes lebih dini.

Jumlah penderita diabetes di Eropa misalnya telah menjadi epidemik. Hal itu mengakibatkan tersedotnya sebagian besar anggaran pelayanan kesehatan pemerintah dalam masa sepuluh tahun mendatang. Negara-negara maju telah menghabiskan hampir 10% dari anggaran pelayanan kesehatan hanya untuk semua terapi dan pelayanan penyakit diabetes. Apabila makanan kelebihan kandungan insulin, pankreas akan mengalami tekanan dan melemah. Hingga akhirnya pankreas tidak bisa menjalankan fungsinya. Maka, kadar gula darah pun akan merambat naik dan terus meningkat hingga akhirnya muncul penyakit diabetes.

Penyebab diabetes

  • Genetik. Penyebab diabetes bisa diakibatkan oleh pengaruh keluarga atau genetik. Sehingga anak anak atau remaja bisa mengalami penyakit diabetes walaupun usia nya masih muda. Hal ini bisa dikarenakan oleh ada nya gangguan pada organ tubuh.
  • Gagguan daya tahan tubuh. Daya tahan tubuh yang tidak normal atau ada nya kelainan juga dapat menjadi penyebab diabetes. Karena produksi insulin yang kurang, sehingga dapat menyebabkan sel darah putih yang berkurang.
  • Makanan. Makanan yang memiliki kadar gula yang cukup banyak atau cukup tinggi juga dapat memicu untuk menjadi penyebab penyakit diabetes. Makanan seperti permen, atau makanan yang menggunakan banyak gula jika sering di konsumsi dalam jumlah banyak bisa menjadi penyebab diabetes.
  • Infeksi bakteri. Infeksi bakteri di dalam tubuh juga dapat menjadi penyebab diabetes. Organ tubuh seperti hal nya pankreas bisa rusak atau terganggu dan menurunkan fungsi nya sehingga memicu terjadi nya penyakit diabetes.
  • Obesitas. Penyebab diabetes dari penyakit obesitas juga memungkinkan untuk terjadi, dan memiliki resiko yang cukup tinggi.  
  • Rokok. Rokok selain merusak paru paru atau jantung juga bisa menjadi penyebab diabetes. Penggunaan rokok yang berlebihan dan bertahun tahun lama nya akan menimbulkan penyakit diabetes di waktu yang mendatang. Sehingga rokok tidak baik untuk di konsumsi.
  • Alkohol. Alkohol juga dapat memicu terjadi nya penyakit diabetes. Karena rokok tidak hanya akan merusak sel tetapi juga menjadi penyebab diabetes.

Gejala diabetes

  • Rasa lapar yang meningkat
  • Peningkatan rasa haus serta sering sekali buang air kecil
  • Mulut yang terasa kering karena dehidrasi
  • Nafas yang berbau
  • Luka yang sulit sembuh
  • Penglihatan mulai kabur
  • Otot terasa pegal karena dehidrasi
  • Sensitif terhadap berbagai hal
  • Sering merasakan sakit kepala
  • Hipertensi
  • Munculnya rasa gatal-gatal
  • Berat badan turun secara drastis akibat dehidrasi serta pembakaran lemak yang terjadi secara terus menerus.

Jangan sepelekan gejala apapun yang terjadi pada diri anda, segeralah lakukan pemeriksaan sejak dini agar anda dapat mengantisipasi penyakit diabetes ini. Dan untu kempercepat proses penyembuhan anda juga perlu memperhatikan mengenai pola makan, berikut ini kami rangkum mengenai pantangan makanan untuk penderita diabetes.

Pantangan Makanan Untuk Penyakit Diabetes Basah

Saat Anda terkena penyakit diabetes, sebaiknya mulai sekarang jaga asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh Anda. Karena, perlu anda ketahui penyakit diabetes dapat memicu komplikasi dan mengundang penyakit lain seperti serangan jatung. Untuk itu salah satu cara untuk mencegah diabetes melitus dan kering agar tidak semakin parah, Anda juga perlu memperhatikan makanan yang sebaiknya dikonsumsi. Ada beberapa jenis makanan yang dilarang dan harus di hindari penderita diabetes. Berikut adalah makanan pantangan penderita diabetes.

  • Makanan yang digoreng. Makanan yang diolah dengan cara digoreng menjadi salah satu makanan yang dilarang penderita diabetes, selain bisa membuat kadar gula darah meningkat, makanan yang digoreng dapat memicu kolestrol semakin meningkat. 
  • Kafein. Kafein merupakan zat yang dapat mempengaruhi kinerja hati dan pankreas dalam produksi insulin. Perlu anda ketahui, insulin merupakan zat yang diperlukan untuk mengubah gula menjadi energi. 
  • Minuman beralkohol. Selain kafein, minuman beralk0hol juga tidak baik untuk penderita diabetes. Selain mengandung banyak gula, alkohol didalam minuman juga akan membuat hati dan pankreas sulit untuk memproduksi insulin.
  • Makanan berminyak. Makanan berminyak mengandung banyak kolesterol yang tidak baik bagi tubuh. Selain kolesterol makanan berminya juga dapat memicu timbulnya obesitas yang pada akhirnya juga akan membuat seseorang terjangkit penyakit diabetes mellitus.
  • Buah bercitarasa manis. Buah yang memiliki citarasa manis tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi penderita diabetes. Contoh buah yang dilarang untuk dimakan ppenderita diabetes adalah buah mangga, durian, semangka dan lain sebagainya.
  • Nasi. Nasi merupakan makanan pokok yang mengandung kadar gula yang tinggi sehingga tidak baik jika dikonsumsi oleh penderita diabetes. Sebagai pengganti nasi, anda dapat mengkonsumsi nasi jagung atau nasi merah karena kedua jenis nasi ini memiliki kandungan gula yang tidak terlalu tinggi.
  • Umbi-umbian. Umbi-umbian merupakan sumber makanan yang banyak mengandung gula. Karena didalam tubuh penderita diabetes hanya memiliki hormon insulin yang jumlahnya sangat sedikit maka gula dari umbi-umbian tadi akan mengalir keseluruh tubuh tanpa diubah menjadi energi.
  • Roti. Jika Anda menyukai roti sebaiknya hindari makanan ini, hal ini disebabkan roti yang terbuat dari tepung putih ini adalah salah satu makanan yang dapat menyebabkan penyakit diabetes, hindari Roti, jika ingin gula darah Anda tetap stabil.
  • pasta Putih. Pasta putih juga merupakan makanan yang dilarang dan menjadi pantangan penderita diabetes, hal ini karena pasta putih yang terbuat dari tepung putih ini tidak baik bagi penderita diabetes. 
Itulah sekilas pembahasan mengenai pantangan makanan untuk penderita penyakit diabetes. Maka dari itu, tindakan pengobatan harus segera anda lakukan sejak dini. Agar tidak menimbulkan resiko penyakit menjadi semakin parah. Terimakasih telah mengunjungi website kami, semoga bermanfaat dan segera lekas sembuh.

Sumber : Obat Ginjal Bengkak

0 komentar:

Poskan Komentar